Selasa, 09 April 2013

Waste Management

WASTE MANAGEMENT
Seperti yang kita pahami selama ini bahwa sampah merupakan masalah yang sangat serius yang sedang di hadapi didunia, khususnya negara kita Indonesia. Hal ini tentu saja tidak luput dari kegiatan manusia sehari – hari yaitu memproduksi, menggunakan , dan membuang. Masalah sampah di Indonesia semakin pelik karena beberapa hal di antaranya kesadaran warga dalam menjaga lingkungan dan kemampuan Negara kita untuk mengolah limbah yang masih rendah.
Tapi sekarang mulai terlihat titik cerah mengenai cara pengolahan limbah. Di Malang – Jatim tepatnya di desa Dau terdapat sebuah tempat pengolahan sampah terpadu yang mampu mereduce volume sampah di kota Malang. TPST ini menerapkan system kumpul – angkut – pilah – dan proses, sehingga samapah akan lebih mudah untuk di olah kembali, bermanfaat dan memiliki harga ekonomi yg lebih tinggi.
Sebenarnya sistem pengelolahan sampah ini bukan hanya dapat  dilakukan di TPST Dau saja tetapi akan lebih baik apabila di terapkan di seluruh TPS atau TPA di Indonesia. Hal ini di tandai dengan adanya bank sampah yang tengah di jalankan oleh pemerintah. Program pemerintah yang baik ini seharusnya di imbangi dengan apresiasi dan partisipasi  dari semua kalangan terutama masyarakat, karena masyarakat memiliki peraqn besar dalam program ini.
Setiap orang dapat berpartisipasi dengan meningkatkan kesadaran membuang sampah dan memilah sampah, sehingga sampah yang selama ini menggangu dapat memiliki nilai ekonomi. Karena lingkungan yang bersih secara otomatis akan meningkatkan kesehatan masyarakat juga akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar