Kamis, 18 April 2013

”TPST MULYO AGUNG BERSATU”


Sampah merupakan masalah setiap manusia di Negeri ini.Pertambahan penduduk yang disertai dengan tingginya arus urbanisasi ke perkotaan telah menyebabkan semakin tingginya volume sampah yang harus dikelola setiap hari.Setiap hari lingkungan semakin tercemar.Setiap harinya manusia,hewan akan mengeluarkan limbah.Setelah saya melihat di TPST Mulyoagung bersatu,limbah domestik tidak menjadi masalah bagi manusia justru dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat dan mengurangi penumpukan sampah yang tidak berguna dan menuju lingkungan bersih,nyaman dan sehat.
Efek yang terjadi berkaitan dengan ke-heterogenan penduduk adalah peningkatan jumlah penduduk yang bermukim dan bertempat tinggal sehingga semakin sempitnya lahan-lahan yang kosong karena berubah menjadi pemukiman. Salah satu permasalahan yang timbul dari meningkatnya jumlah penduduk adalah mengenai sampah (terutama sampah rumah tangga) yang berdampak buruk jika tidak tersedianya sarana-prasarana baik untuk penampungan maupun pengelolaannya. Beberapa kegiatan perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, diantaranya :                 
1.         melakukan pengenalan karakteristik sampah dan metode pembuangannya,
2.      merencanakan dan menerapkan pengelolaan persampahan secara terpadu (pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan akhir),
3.      menggalakkan program Reduce, Reuse dan Recycle (3 R) agar dapat tercapai program zero waste pada masa mendatang.
Mengingat warga sudah banyak yang tidak
Di TPST Mulyoagung ,hanya sterofom yang tidak dapat diolah kembali.Sebagainya contohnya,bekas nasi dapat digunakan untuk pakan babi.Semua sampah telah dapat termanfaatkan dengan baik.Dari sini kita dapatbmelihat bahwa jika kita dapat memanfaatkan sampah menjadi hal yang berguna.





TPST Mulyoagung sangat membantu untuk mengurangi pencemaran lingkungan,membuka lapangan pekerjaan baru, menciptakan lingkungan bersih. TPST yang bertempat di Dau, Kabupaten Malang ini merupakan TPST percontohan seIndonesia. Dimana mengangkat tema reduce,dan recycle, dan reuse. Yaitu mengurangi sampah, mendaur ulang, dan menggunakannya kembali dalam bentuk benda yang bermanfaat.  Mungkin kiranya banyak tempat-tempat serupa dengan TPST ini, namun adanya sentuhan tangan-tangan ahli membuat tempat ini lebih bermakna hingga menjadi TPST percontohan se-Indonesia.
TPST Mulyoagung Bersatu merupakan sebuah organisasi yang berdiri untuk mengelola dan melestarikan lingkungan khususnya Desa Mulyoagung, oleh karena itu dibentuklah organisasi ini. Dalam menjalankan setiap tugas yang ada di TPST Mulyoagung Bersatu, seluruh pihak terkait mulai pengurus TPST sampai dengan pegawai angkut dan pemilah sampah.

Anggir Retno Yunita Dewi
201010070311025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar