Senin, 08 April 2013

Observasi Pengelolaan Limbah Domestik di TPST Mulyoagung Dau Malang


Rabu dua pekan yang lalu ketika melakukan kunjungan ke TPST  Mulyo Agung Malang, bagitu banyak ilmu dan wawasan baru yang kita dapatkan dalam hal pengelolaan limbah domestik yang ada di kawasan desa Mulyo agung. Dengan menegement yang bagus TPST Mulyo Agung Malang ini mampu mengatasi masalah lingkungan di kawasan Desa Mulyoagung yang memiliki luas wilayah 296594 Ha dan dengan tingkat populasi penduduk mencapai 3970 Kepala Keluarga.
Adapun manfaat dari dibangunnya TPST Mulyoagung Bersatu tidak hanya dapat dirasakan pada sektor lingkungan semata tapi juga akan berdampak pada sektor-sektor lain yang diantaranya adalah:
  1. Sektor Lingkungan
·           Mengurangi pencemaran lingkungan.
  1. Sektor Ekonomi
·           Membuka peluang lapangan kerja baru.
·           Terciptanya kemungkinan limbah organik dan non organik akan  lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi karena mampu menguraikan sampah organik secara alami dan ramah lingkungan, menjadi pupuk kompos dan bahan kondisioner tanah yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang diharapkan.
·           Disamping itu limbah non organik dapat didaur ulang sebagai bahan baku industri. Dengan demikian para pelaku kegiatan ini, memperoleh peluang untuk meningkatkan pendapatan perkapitanya dan sekaligus merefleksikan adanya peningkatan pemberdayaan masyarakat.
  1. Sektor Pendidikan
·           TPST ini dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan bagi dosen dan mahasiswa yang peduli terhadap pengolahan sampah

Dari data yang ada, TPST Mulyo Agung Malang dapat mengumpulkan sampah yang dihasilkan setiap harinya oleh tiap rumah warga tidak kurang dari 7.940 kg dan hal ini masih belum termasuk sampah dari rumah produksi di wilayah Desa Mulyoagung jadi dapat diperkirakan bahwa totak keseluruhan volume sampah yang dihasilkan oleh Desa Mulyoagung setiap harinya rata-rata mencapai 8 sampai dengan 9 ton sampah dalam satu hari.
Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika sampah di biarkan begitu saja tanpa diolah?? Dapat kita hitung secara perhitungan kasar jika sampah dalam 1 desa mencapai 7.940 kg/hari, maka dalam 1 bulan 238.200 kg sampah, dan dalam 1 tahun 2.858.400 kg sampah atau 2,9 ton sampah pertahun. Begitu mengerikan jika kita tidak peduli pada lingkungan, bukan tidak mungkin hari-hari kita akan dipenuhi dengan sampah. Perhitungan ini hanya diberlakukan pada 1 desa, bagaimana jika 1 kota? 1 kabupaten? Maka milyaran ton sampah yang kita hasilkan.
Oleh karena itu, mari kita peduli dengan lingkungan kita sejak hari ini untuk ikut serta meringankan beban lingkungan yang kita tempati. Berawal dari diri pribadi menuju lingkungan keluarga dan masyarakat kita kelola sampah yang ada dengan mulai membuang sampah pada tempatnya, mulai memilah sampah sesuai denngan kategorinya. Mari kita dukung bersama keberadaan TPST Mulyo Agung Malang meringankan beban lingkungan sekitar dan mensejahterakan masyarakatnya.
Nur Fadloli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar