Selasa, 09 April 2013

“TPST MULYOAGUNG”

Apakah TPST Mulyoagung ?
TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Mulyoagung adalah tempat percontohan dalam program pembuangan sampah yang dimana baru diterapkan di Desa Mulyoagung. Disana merupakan tempat pembuangan sampah yang berdiri sendiri yang nantinya sampah-sampah tersebut akan di pilah-pilah terlebih dahulu.

Di TPST Mulyoagung ada beberapa zona, dimana di zona tersebut sampah-sampah tersebut di kategorikan antara zona satu dengan lainnya. Zona itu terdiri dari, zona proses pemilahan kaca atau beling, zona hasil proses pecking lapak siap jual, zona proses pemilahan 17 jenis lapak keras, zona hasil limbah nasi, zona pengembangan budi daya peternakan kambing, zona proses pengomposan, zona proses pecking pupuk organic.

Pada sampah basah banyak sekali nasi, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang sudah busuk. Sampah dilimbah ini tidak dibuang melainkan di gunakan untuk pakan babi. Sampah kering yang terdapat di TPST Mulyoagung di sini berupa dedaunan kering yang di endapkan dalam 3 proses yaitu: daun kering tersebut di campur dengan 1ton air dan pupuk sehingga cepat terjadi pembusukan yang terjadi, di endapkan kurang lebih selama 3 bulan agar pembusukan terjadi secara sempurna, dan proses terakhir adalah penggilingan. Pada proses penggilingan agar dilakukan pemisahan yang pada nantinya akan di pisahkan antara partikel kasar dan halus. Setelah itu di masukkan ke dalam karung yang akan di gunakan sebagai pupuk. Apabila pada proses pembusukan yang terjadi pada daun-daun kering yang di campur dengan kotoran kambing terdapat adanya belatung, biasanya digunakan untuk pakan ikan. Selain itu sampah-sampah berupa botol plastic, keresek, atau gelas-gelas plastic dan kertas atau kardus biasanya akan di kemas yang nantinya akan di gunakan lapak siap jual. Sampah dan limbah yang tidak dapat didaur ulag adalah limbah dari sterofom.


Pada kunjungan dan survey lapang di TPST Mulyoagung banyak sekali pembelajaran dan hikmah yang saya dapatkan. Dimana memunculkan kesadaran dalam diri saya untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan dampak limbah yang di hasiilkan oleh kotoran-kotoran dan sampah-sampah dari limbah rumah tangga. Karena hasil limbah yang dikeluarkan 1 harinya bisa mencapai hitungan puluhan ton. Hal ini yang menyebabkan dampak kepada lingkungan khususnya pada pemukiman di sekitar TPST Mulyoagung apabila tidak dikelola akan terjadi pencemaran.
Program yang diterapkan di TPST Mulyoagung baiknya diterapkan di seluruh Indonesia agar sampah-sampah yang ada di sekitaran suatu pemukiman dapat diolah dan dipilih serta didaur ulang sebelum di buang ke tempat pembuangan akhir sampah. Setidaknya program ini dapat membantu pemerintah dan masyarakatnya dalam pengelolaan limbah. Sehingga dampaknya akan terciptanya lingkungan yang bersih dan terjaga dari penumpukan sampah yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Apabila program ini dapat diterapkan dengan baik akan membantu penduduk sekitar yang sekiranya membutuhkan pekerjaan dalam membantu pembersihan sampah pada pemukiman sekitar. Pada TPST Mulyoagung merupakan salah satu contoh dan potret bahwa adanya kerjasama yang baik antara program pemerintah dan penduduk sekitar untuk membantu menjaga lingkungan. Masih banyak sekiranya kota-kota atau daerah lain yang masih susah untuk menuntaskan permasalahan dalam penumpukan dan pengolahan limbah sampah.
Hikmah yang dapat diambil dari survei lapang ini adalah kita harus benar-benar peduli dengan lingkungan dan penjagaannya dalam masalah sampah. Dimana masyarakat harus lebih peduli terhadap limbah dan produk-produk yang digunakan yang pada nantinya akan berbuah menjadi limbah. Kesadaran masyarakat yang masih kurang peduli terhadap lingkungan yang menyebabkan lingkungan dan alam yang kurang terjaga dengan baik. Manusia akan menjadi netral ketika berada dialam, sama seperti kita menjaga lingkungan. Apabila kita menjaga lingkungan dan alam dengan baik maka lingkungan dan alampun akan membalasnya dengan keramahan lingkungan dengan pemproduksikan oksigen serta lingkungan yang bersih sehingga tidak banyak penyakit-penyakit yang ditimbulkan. Namun apabila kita tidak bisa menjaga lingkungan dan alam maka lingkungan dan alam akan membalasnya dengan berbagai cobaan dan bencana alam. Kenali diri kita melalui kecintaan akan kesadaran menjaga lingkungan. MARI KITA WUJUDKAN KECINTAAN AKAN LINGKUNGAN SUPAYA INDONESIA MENJADI BERSIH DAN SEHAT !

Tiara Ermina Sari






Tidak ada komentar:

Posting Komentar